Enter your keyword

Visi Misi dan Tujuan

VISI

Menjadikan Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Dalam Pendidikan Islam Yang Inovatif Dengan Semangat Entrepreneurship Tahun 2030.

 

MISI

  • Menyediakan akses dan pemerataan pendidikan tinggi bermutu yang relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan Islam
  • Menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam bidang pendidikan Islam yang berkualitas dan inovatif agar peserta didik menjadi berkemampuan akademik dan / atau profesional serta memiliki jiwa islamic entrepreneurship
  • Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan Islam yang inovatif dengan pendekatan monodisipliner dan semangat islamic entrepreneurship, dan;
  • Mengembangkan mutu tata kelola kelembagaan dan memperluas jaringan kerjasama di bidang pendidikan Islam.

TUJUAN

  • Terpenuhinya akses bagi masyarakat dalam mengenyam pendidikan tinggi bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan Islam
  • Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan inovatif dalam bidang pendidikan Islam, mampu menguasai dan menerapkan konsep dan teori pendidikan Islam secara profesional, dan memiliki jiwa islamic entrepreneurship
  • Menghasilkan karya ilmiah/penelitian dan karya pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan Islam yang inovatif dengan pendekatan monodisipliner yang dijiwai semangat islamic entrepreneurship, dan;
  • Menghasilkan kerja mutu tata kelola kelembagaan dan memperluas jaringan kerjasama di bidang pendidikan Islam untuk mempersiapkan lulusan yang inovatif dan berjiwa Islamic entrepreneurship

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIANNYA

Secara umum, sasaran Fakultas Tarbiyah dan Keguruan sebagai bagian dari Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi berdasarkan Rencana Strategis Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Tahun 2017 sebagai berikut:

  • Menjamin akses bagi masyarakat dalam mengenyam pendidikan tinggi bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam bidang Pendidikan Islam dan mendidik calon sarjana Strata S1 dalam bidang Pendidikan Islam
  • Meluluskan sarjana S1 yang berkepribadian baik, cakap dan memiliki integritas, berpengetahuan luas dan mutakhir serta inovatif dibidang Pendidikan Islam, dan mampu menguasai dan menerapkan konsep serta teori-teori Pendidikan Islam dengan pendekatatan monodisipliner, serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan, keislaman, dan semangat entrepreneurship.
  • Menghasilkan karya ilmiah/penelitian dan karya pengabdian kepada masyarakat dibidang Pendidikan Islam yang inovatif dan berpendekatan monodisipliner dengan semangat islamic entrepreneurship.
  • Melaksanakan kerja mutu tata kelola kelembagaan dan memperluas jaringan kerjasama di bidang pendidikan Islam.

Untuk mencapai sasaran tersebut, maka ada beberapa strategi yang ditempuh:
No.
Sasaran FTK
Strategi Yang Ditempuh
1
Menjamin akses bagi masyarakat dalam mengenyam pendidikan tinggi bermutu dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan Islam dan mendidik calon sarjana strata S1 dalam bidang Pendidikan Islam

Sosialisasi PMB secara sitematis, terprogram dan mempertimbangkan akses, jenjang dan jenis pendidikan

Mengupayakan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan merepresentasikan unsur daerah, jenis sekolah dan peminatan.

Mendorong semua Prodi di lingkungan Fakultus Tarbiyah dan Keguruan untuk mengembangkan diri menjadi prodi unggulan dan inovatif dengan pengakuan akreditasi A dari BAN PT dan Pengakuan Internasional yang dijiwai oleh semangat entrepreneurship inovatif.

Mendorong dan memfasilitasi penyediaan dana untuk kegiatan penelitian pada setiap prodi dan pengabdian masyarakat yang bermutu tinggi dan inovatif dengan pendekatan monodisipliner serta semangat Islamic entrepreneurship.

Memberikan fasilitas yang memadai bagi terselenggaranya proses pembelajaran yang kondusif, antara lain dalam bentuk: ruangan kelas yang ber-AC, Fasilitas LCD Proyektor, Hot spot, ruang interaksi, perpustakaan, dan lain-lain.

Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah, dalam dan luar negeri, guna peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi.

2
Meluluskan sarjana S1 yang berkepribadian baik, cakap dan memiliki integritas, berpengetahuan luas dan mutakhir serta inovatif dibidang pendidikan Islam, dan mampu menguasai dan menerapkan konsep serta teori-teori pendidikan Islam dengan pendekatatan monodisipliner, serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan, keislaman, dan semangat entrepreneurship.

Inovatif-entrepreneurship dalam bidang metodologi
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mewajibkan dibelajarkan beberapa matakuliah penciri khas Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi di semua Prodi. Matakuliah-matakuliah tersebut dimaksudkan sebagai bekal metodologis yang berbasis pada paradigma inovatif-entrepeneurship, sehingga lulusan bisa menjadi sarjana yang inovatif dan memiliki spirit kewirausahaan yang tinggi dalam mengabdikan ilmunya demi kemajuan peradaban bangsa.
Inovatif-entrepreneurship dalam bidang Penguasaan Bahasa.
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan mewajibkan mahasiswa untuk menguasai bahasa asing (Arab, Inggris) sebagai persyaratan untuk mengikuti ujian tugas akhir/skripsi (munaqasyah). Pelaksanaannya dapat bekerjasama dengan Pusat Bahasa UIN STS Jambi dan Lembaga resmi yang disetarakan oleh UIN STS Jambi untuk mencapai sasaran tersebut.
Inovatif-entrepreneurship dalam bidang Life Skill dan Kecendekiawanan.
Lulusan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi memiliki life skill dan perilaku kecendekiawanan yang sangat berguna sebagai bekal dalam berhidmat di masyarakat.
Strategi pencapaian yang dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan antara lain dalam bentuk; pemberian fasilitas untuk kegiatan mahasiswa, pelibatan mahasiswa dalam kegiatan-kegiatan seminar, simposium, dan penelitian dosen, pemberian reward bagi mahasiswa berprestasi.
Inovatif-entrepreneurship dalam bidang Teknologi Informasi
Strategi yang dilakukan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan antara lain: pemberian akses penuh 24 jam kepada mahasiswa untuk memanfaatkan koneksi internet gratis di lingkungan kampus Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Mahasiswa juga didorong untuk memanfaatakan sumber informasi yang melimpah di internet secara cerdas untuk kepentingan riset dan tugas-tugas perkuliahannya. Bahkan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan menyediakan website e-learning untuk perkuliahan di dunia maya.
3
Menghasilkan karya ilmiah/penelitian dan karya pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan Islam yang inovatif dan berpendekatan monodisipliner dengan semangat Islamic entrepreneurship.
Menerbitkan buku Pedoman Penyelenggaraan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi. Buku ini diperkuat dengan Keputusan Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

Menerbitkan buku Pedoman Penulisan skripsi diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi.

Menerbitkan Kalender Akademik setiap Tahun Akademik.

Menyusun Rencana Kerja Tahunan, Rencana Stategi Tahunan dan Lima Tahunan, Rencana Kegiatan Anggaran Keuangan Lembaga (RKAKL)

Rapat Mingguan Pimpinan, Rapat Bulanan, Monitoring satu dan tiga Bulanan untuk menunjang keberhasilan penulisan skripsi

4
Melaksanakan kerja mutu tata kelola kelembagaan dan memperluas jaringan kerjasama di bidang pendidikan Islam.

Menjalin kerjasama dengan lembaga pemerintah, non-pemerintah, dalam dan luar negeri guna peningkatan kualitas pendidikan Islam

Gemar menjalin silaturahim dengan alumni melalui berbagai kegiatan untuk penjamin lulusan dalam bekerja

Membangun kemitraan dengan dunia usaha, penyedia jasa layanan pendidikan Islam dan unit usaha lain dalam mewujudkan lulusan yang inovatif dan dijiwai entrepreneurship.
Strategi Tahap Pertama (2017-2021)
Mempertahankan mutu penyelenggaraan Prodi-Prodi yang diakui secara eksternal melalui akreditasi BAN PT dengan peringkat A (sangat baik/unggul).
Mempertahankan tingkat animo calon mahasiswa demi keberlangsungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Meningkatkan kualitas SDM tenaga dosen dan tenaga kependidikan sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu dan masyarakat.
Memperbaharui kurikulum sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan pengguna lulusan.

Strategi Tahap Kedua (2022-2025)
Mempromosikan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ke level nasional dan internasional agar bisa menarik minat calon mahasiswa luar provinsi dan mahasiswa asing.
Terpublikasinya karya-karya ilmiah dosen dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan internasional.
Menggairahkan semangat entrepreneurship dalam bidang pendidikan Islam.

Strategi Tahap Ketiga (2026-2030)
Mempertahankan posisi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan ke level nasional dan dunia Internasional agar bisa menarik minat calon mahasiswa luar provinsi dan mahasiswa asing.
Terpublikasinya karya-karya ilmiah dosen dalam jurnal ilmiah nasional terakreditasi dan internasional bereputasi.
Terbentuk budaya entrepreneurship di lingkungan civitas akademika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi.
*sasaran dan strategi terdapat di Renstra Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Tahun 2017