Enter your keyword

Sekilas Tentang FTK

Lahirnya Fakultas Tarbiyah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi tidak terlepas dari sejarah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi dan perkembangan Agama Islam serta lembaga pendidikan Islam di Propinsi Jambi. Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi berdiri tidak terlepas dari Yayasan Perguruan Tinggi Al-Ma’arif yang pada tahun 1965 telah memiliki Fakultas Tarbiyah dan Ushuluddin di Kotamadya Jambi. Untuk memenuhi keinginan masyarakat, para ulama dan Pemerintah Daerah Tingkat I Jambi tersebut, Fakultas Tarbiyah dan Ushuluddin Al-Ma’arif dan Fakultas Syari’ah Muhammadiyah Kerinci diusulkan untuk menjadi Fakultas di lingkungan IAIN Jambi. Hal ini dilakukan karena berdasarkan ketetapan MPR Nomor: 11 tahun 1960 dan Peraturan Menteri Agama nomor 5 tahun 1963, bahwa suatu IAIN minimal harus memiliki 3 (tiga) Fakultas. Pada tanggal 30 September 1965 dengan Surat Keputusan Gubernur Nomor: 18 tahun 1965, terbentuklah Panitia Persiapan Pembukaan IAIN Jambi. Panitia tersebut disetujui oleh Menteri Agama dengan Surat Keputusan nomor: 83 tahun 1965 tanggal 22 Nopember 1965. Setelah melalui beberapa tahapan perjuangan Panitia Persiapan Pembukaan IAIN Jambi, maka pada akhirnya Menteri Agama menyetujui berdirinya IAIN dengan Surat Keputusan Nomor: 84 tahun 1967 tanggal 27 Juli 1967.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama tersebut, pada tanggal 8 September 1967 bertepatan dengan tanggal 3 Jumadil Akhir 1387 Hijriah diresmikanlah IAIN Sulthan Thaha Saifuddin oleh Menteri Agama, Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, dengan personalia sebagai berikut :

1. Rektor, H.A. Manap, Gubernur KDH Tingkat I Jambi.

2. Dekan Fakultas Syari’ah, H.M.O. Bafadhal.

3. Dekan Fakultas Tarbiyah, Drs. Z. Azuan.

4. Dekan Fakultas Ushuluddin, K.H.A. Qadir Ibrahim.

5. Dekan Fakultas Syari’ah Kerinci, A.R. Dayah.

Kemudian setelah keluar SK Menteri Agama Nomor : 69 tahun 1982 tanggal 27 Juli 1982, fakultas yang ada di lingkungan IAIN Sulthan Thaha Saifuddin ditingkatkan statusnya dari fakultas muda menjadi fakultas madya. Fakultas tersebut telah diperkenankan menyelenggarakan perkuliahan tingkat doktoral.

Dalam periode selanjutnya, dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat luas, Fakultas Tarbiyah IAIN STS Jambi terus mengadakan berbagai pengembangan dalam bidang akademik, terutama terkait dengan mendirikan program studi umum. Hal itu diwujudkan dalam beberapa tahap yaitu sebagai berikut:

1. Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi pada tahun akademik 1983/1984 atas prakarsa pimpinan Fakultas antara lain Drs. Amir Faisol, M.Ed., Drs. Usman Abu Bakar, Drs. Muntholib SM., Drs. Mukhtar Damsyah, membuka Program Sarjana Muda Tadris (Bahasa Inggris, IPA, IPS, dan Bahasa Inggris). Program ini tidak berjalan lama, dan hanya melahirkan sarjana muda (BA) pada tahun akademik 1986/1987, 1987/1988. Pada tahun akademik 1988/1989 program ini dimerger (digabung) ke jurusan pendidikan agama Islam (PAI). Mahasiswa yang belum menyelesaikan program Sarjana Muda dikonversi ke Jurusan PAI. Sedangkan mahasiswa yang telah menyelesaikan program sarjana muda melanjutkan ke Program S.1 jurusan PAI. Hal ini atas kebijakan rektor IAIN STS Jambi, Dr. H. M. Chatib Quzwain.

2. Sejak tahun akademik 1999/2000 diterima mahasiswa baru dan diurus izin penyelenggaraan program studi pada Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI dan usaha tersebut berhasil baik dengan terbitnya surat keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Nomor: DJ.II/240/2002 tanggal 12 Juli 2002 tentang Penyelenggaraan Program Studi pada Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk jurusan Tadris dengan program studi:

a. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam

b. Program Studi Tadris Matematika

c. Program Studi Tadris Bahasa Inggris

Sampai saat ini dengan memiliki niat dan semangat yang tinggi, akhirnya Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi telah memiliki 9 jurusan/program studi, yaitu; Jurusan/Prodi Pendidikan Agama Islam, Kependidikan Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Selain itu juga, fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN STS Jambi dalam perkembangannya banyak mendapat kepercayaan dari Pemerintah, khususnya Kementerian Agama RI untuk menyelenggarakan berbagai program peningkatan bidang pendidikan, seperti penyelenggaraan program kualifikasi, program Dual Mode System (DMS), program sertifikasi guru, dan lain sebagainya. Berikut struktur organisasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.